Lambang Himpunan Alumni - Institut Pertanian Bogor

Lambang Himpunan Alumni - Institut Pertanian Bogor

Selamat Datang

Kami mengucapkan Selamat Datang kepada para pengunjung Blog Himpunan Alumni IPB Pasaman Barat, silahkan menggunakan layanan yang tersedia untuk umum.

Kamis, 18 Maret 2010

Dilema Petani Sawit

Penilikan kami sebagai pengamat adalah sangat simpel sekali, karena masalah-masalah yang ada pada pada semua petani yang ada di Pasaman Barat baik anggota Plasma Ophir sebagai Pioner dan plasma-plasma lainnya serta para petani parsial sudah mempunyai simpul masalah yang saling berkaitan satu sama lainnya. Dilemanya adalah karena kurangnya peningkatan keuntungan dari masing-masing KPS dan kelompok tani sehingga tingkat kepercayaan anggota kepada pengurus turun drastis. Contohnya permasalahan yang baru saja terjadi pada KPS Perintis yaitu keluarnya KPS Perintis dari kerja sama melalui koperasi sekundernya KJUB dengan PTP sebagai penampung TBS hasil semua KPS.

Sekarang kenyataannya KPS Perintis berkomitmen untuk menjual TBS-nya kepada pihak lain, arti kata tidak mengolah lagi pada PTP yang notabene sebagai bapak angkat pada awal pendirin. Keadaan yang seperti inilah sampai sekarang sangat terlambat disadari para pemimpin masing-masing KPS dan koperasi sekundernya walaupun tidak memberikan dampak yang besar pada kinerjanya. Tetapi seharusnya kejadian ini tidak perlu terjadi karena komitmen awal dari semua penyelenggaraan plasma ini ini telah ada.

Selama ini kesimpulan yang dapat kita ambil adalah secara nyata modal milik petani yang telah dikumpulkan melalui simpanan pokok dan simpanan wajib tidak dapat dikembangkan secara maksimal, unit usaha tidak berjalan dengan produktif, peningkatan pendapatan petani hanya berasal dari SHU KPS dan selisih nilai jual buah antara buah plasma dengan buah parsial. Dari kenyataan ini kami mendapatkan pelajaran yang sangat berharga untuk menciptakan program-program baru di Pasaman Barat, sehingga menjadikannya sebagai bahan pelaksanaan kegiatan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar