Lambang Himpunan Alumni - Institut Pertanian Bogor

Lambang Himpunan Alumni - Institut Pertanian Bogor

Selamat Datang

Kami mengucapkan Selamat Datang kepada para pengunjung Blog Himpunan Alumni IPB Pasaman Barat, silahkan menggunakan layanan yang tersedia untuk umum.

Kamis, 18 Maret 2010

IPB Genjot Mahasiswa Berwirausaha

Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni -DPKHA IPB (Career Development and Alumni Affairs - CDA IPB) menggenjot mahasiswanya untuk berwirausaha dengan menyelenggarakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2010. Kegiatan yang bertema "Wahana Berkarir Sebagai Entrepreneur" ini (6/3) digelar di Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Kegiatan yang sudah kedua kalinya ini bertujuan untuk menjaring potensi berwirausaha di kalangan mahasiswa IPB agar nantinya dapat menjadi wirausahawan yang sukses.

Para mahasiswa yang lolos seleksi, nantinya akan mendapatkan pendampingan dan diberikan permodalan sebanyak 8 juta rupiah untuk perorangan atau 40 juta rupiah per kelompok yang terdiri dari 5 orang.

Di dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama, Dr.Ir. Anas Miftah Fauzi, berpesan kepada 2000 mahasiswa yang hadir saat itu, bahwa ciri khas wirausaha adalah mau bekerja lebih.

"Jika orang biasa mengerjakan 10, maka wirausaha bisa mengerjakan 20. Selain itu, seorang wirausaha juga harus bisa menciptakan kesempatan dan peluang," ujarnya.

Ditambahkannya, IPB sebagai perguruan tinggi akan memberikan fasilitas, inkubator dan suasana untuk mendorong tumbuh kembang mahasiswanya dalam berwirausaha, diantaranya adalah networking, biaya, teknologi, dan sebagainya.

Kasubdit Pengembangan Karir Mahasiswa DPKHA IPB, Iin Solihin,S.Pi,M.Si., yang juga hdir pada saat itu berharap dengan adanya program ini nantinya akan lahir wirausahawan-wirausahwan muda yang mandiri dan unggul dalam berbagai bidang.

Kegiatan yang diikuti para wirausaha muda pemula ini dimeriahkan dengan hadirnya, Ance Trio Marta peraih juara pertama untuk kategori industri dan jasa dengan usaha budidaya ikan bawal. Acara juga menghadirkan pengusaha Agribisnis, Ir. I Made Donny Waspada, dan motivator Amir Tengku. Pada saat itu juga diserahkan penghargaan kepada 15 peserta terbaik program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa (PPKM) 2009.

Berdasarkan data yang dihimpun, di IPB jumlah mahasiswa yang berminat mengikuti program mahasiswa wirausaha ini berasal dari Fateta 240 orang, FEM 230, FMIPA 183, Fahutan 164, Fapet 161, FPIK 152, Faperta 150, FEMA 63 Diploma 55, dan FKH 22 orang.

Untuk diketahui pada tahun 2009 yang lalu jumlah mahasiswa yang berminat mengikuti kegiatan program Wirausaha ini mencapai 1.889 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 1.630 orang mahasiswa belum memiliki usaha namun berminat untuk berwirausaha. Sebanyak 259 orang mahasiswa tercatat memiliki usaha yang telah berjalan dan memerlukan modal, teknologi, pendampingan usaha dan mitra bisnis untuk mengembangkan usaha mereka. Mereka dibagi ke beberapa kelompok usaha seperti perdagangan, produksi, jasa, peternakan, perikanan, perkebunan dan budidaya pertanian, serta usaha komputer. Calon peserta terdiri atas peserta perorangan sebanyak 93 orang dan peserta kelompok sebanyak 1796 orang yang terbagi ke dalam 544 kelompok usaha.

Dari jumlah tersebut setelah melalui keseluruhan proses seleksi (seleksi awal, presentasi proposal, review proposal dan psikotes) dihasilkan sebanyak 175 orang mahasiswa peserta PMW yang tergabung ke dalam 84 kelompok usaha yang terdiri dari usaha individu sebanyak 25 kelompok dan usaha kelompok sebanyak 59 kelompok. Jumlah dana yang disalurkan kepada mahasiswa sejumlah 1,382 Milyar dari 1,4 Milyar (99%).

Peserta terbaik dari kegiatan PMW 2009 juga diikutsertakan dalam kegiatan lomba Wirausaha Muda Mandiri yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri, dan Ance Trio Marta berhasil merebut juara 1 untuk kategori industr dan jasa dengan usaha budidaya ikan bawal.

Dalam kegiatan PMW 2010 saat ini, mahasiswa yang berminat dan mendaftar untuk mengikuti program mencapai 1420 orang. Dari jumlah ini sebanyak 1110 orang mahasiswa belum memiliki usaha, namun berminat untuk berwirausaha dan sebanyak 310 mahasiswa tercatat memiliki usaha yang telah berjalan memerlukan tambahan modal, teknologi,pendampingan usaha dan mitra bisnis untuk emngembangkan usaha mereka. Sementara dana yang akan disalurkan sejumlah 1,050 Milyar. (man)

15 Peserta Terbaik Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa (PPKM) 2009

No.

Nama Usaha

Ketua Kelompok

1

Bonaga : Bakso Buah Naga

Nursechafia

2

Cover Binder

Sendy Ahmad Nugraha

3

Pembenihan Ikan Air Tawar Bawal

Ance Trio Marta

4

Bimbel Mafia Club

Febriana Handayani

5

Mandalika Pearl

Vidia Chairunnisa

6

Budidaya Jamur Tiram

Astiti Puriwigati

7

Minaku Kaiko A Japanese And Seafood Café

Fahmi Nasrullah

8

Hamscorner (Budidaya Hamster Mini Dan Perlengkapannya)

Tia Irmayanty A

9

Usaha Pemeliharaan Dan Pelayanan Ternak Domba

Yogie Saputra

10

Kelinci Hias

Eldi Arasi Sidrata K

11

Teh Merah Rosela "Rozelt"

Ari Try Purbayanto

12

Bimbel Intensive Practice Course

Razono Agall Cahyadi

13

Usaha Minuman "Your Tea"

Indra Thamrin

14

Distributor Ayam & Daging

Fajar Wisnu W

15

Budidaya Sayuran Eropa

Septian Fauzi Dwi S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar