Lambang Himpunan Alumni - Institut Pertanian Bogor

Lambang Himpunan Alumni - Institut Pertanian Bogor

Selamat Datang

Kami mengucapkan Selamat Datang kepada para pengunjung Blog Himpunan Alumni IPB Pasaman Barat, silahkan menggunakan layanan yang tersedia untuk umum.

Kamis, 18 Maret 2010

Tradisi Baru Wisuda IPB

Dalam Upacara Wisuda dan Penganugerahan Ijazah Tahap II tahun akademik 2009/2010 Institut Pertanian Bogor (IPB) menganugerahkan ijazah kepada 800 orang lulusan di Graha Widya Wisuda (23/2). Lulusan yang di wisuda terdiri dari 41 lulusan bergelar Doktor (S3), 91 lulusan bergelar Magister Sains, 28 lulusan bergelar Magister Manajemen, 6 lulusan bergelar Magister Profesional, 1 lulusan bergelar Master of Science, dan 633 lulusan bergelar Sarjana.

Terkait dengan efektivitas dan efisiensi, IPB menyelenggarakan wisuda dengan kuota peserta maksimum 800 orang wisudawan per periode untuk Wisuda Program S1, S2 dan S3. Konsekuensinya adalah frekuensi pelaksanaan wisuda per tahun meningkat tajam, yakni setiap 2 bulan sekali.

Wisuda kali ini merupakan penyempurnaan penyelenggaraan wisuda dan penganugerahan ijazah dari tahun-tahun sebelumnya. "Mengingat keterbatasan Graha Widya Wisuda (GWW) dalam menampung seluruh undangan, maka banyak orang tua dan keluarga lulusan yang tidak mendapatkan tempat duduk di dalam gedung. Hal ini membuat kami berpikir keras dalam mencari format yang lebih baik lagi dalam penyelenggaraan wisuda." ujar Rektor IPB, Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc dalam sambutannya.

Menurutnya peningkatan ini dimaksudkan agar para lulusan tidak menunggu terlalu lama untuk mengikuti wisuda sejak kelulusan, penyelenggaraan wisuda menjadi lebih khidmat, tertib dan nyaman, karena seluruh pandamping/orangtua wisudawan dapat tertampung dan mengurangi dampak negatif kemacetan lalu lintas di dalam dan di luar kampus.

Selain itu, dalam wisuda denga format baru ini juga meliputi penganugerahan ijazah. Sehingga acara di fakultas diganti dengan dialog orang tua wisudawan dengan alumni sukses untuk memberikan gambaran yang tepat tentang kiprah alumni termasuk di bidang wiraswasta.

Dari 633 lulusan program sarjana, lulusan terbaik tingkat IPB adalah Suhendri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (FATETA) dengan IPK 3,95 dan menyandang predikat cum laude. Adapun lulusan terbaik tingkat fakultas diraih oleh Yusup Kusumawardhana, dengan IPK 3,78 (FAPERTA), Yocelin Purnamasari, dengan IPK 3,34 (FKH), Andhika Tri Saputra dengan IPK 3,65 (FPIK), Theo Mahiseta Syahniar dengan IPK 3,63 (FAPET), Hayatul Fithria dengan IPK 3,77 (FAHUTAN), Rifki Yusri Haidar dengan IPK 3,76 (FMIPA), Lasma dengan IPK 3,66 (FEM) dan Ervina dengan IPK 3,76 (FEMA).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar